Praktik Terbaik untuk Keamanan Gudang

11 Aug 2022 by Dewi Purnama

Sebagai manajer Jasa Sewa Dry Storage, adalah tugas Anda untuk memastikan bahwa sejumlah rencana keselamatan ada di tempat kerja. Rencana keselamatan tidak hanya akan melindungi kehidupan pekerja Anda, tetapi juga akan membuat bisnis Anda berjalan sehari-hari dengan lebih lancar, yang akan membantu meningkatkan produktivitas staf.

Hukum Kesehatan dan Keselamatan

Tempat awal yang baik adalah meneliti semua undang-undang saat ini mengenai kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. Undang-undang ini akan bervariasi tergantung pada negara tempat bisnis Anda berada. Undang-undang dan peraturan dapat diperbarui secara berkala, jadi pastikan Anda memiliki yang terbaru.

Pelatihan Staf

Adalah penting bahwa staf Anda dilatih dengan benar dalam prosedur kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. Jika beberapa karyawan mengoperasikan mesin di gudang, maka Anda perlu memastikan bahwa mereka memiliki kualifikasi yang benar agar dapat mengoperasikan mesin secara legal. Ini juga akan melindungi keselamatan karyawan lain. Ada sejumlah kursus pelatihan yang tersedia; jenis yang Anda pilih harus bergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan dan tingkat pengalaman karyawan Anda.

Penyimpanan

Pastikan semua persediaan di gudang Anda tersimpan dengan benar. Dengan menempatkan semua stok secara terorganisir, Anda akan memudahkan karyawan untuk menemukan produk, yang akan menghasilkan peningkatan produktivitas staf. Hal ini juga akan mengurangi kecelakaan yang terjadi karena persediaan yang jatuh.

Rambu

Sebagian besar negara memiliki persyaratan hukum bahwa papan nama yang benar digunakan di tempat kerja. Ini dapat mencakup tanda-tanda yang menunjukkan di mana pintu keluar darurat terdekat, serta tanda-tanda yang dengan jelas menunjukkan area berbahaya di gudang.

Pencegahan kebakaran

Sistem deteksi dan pencegahan kebakaran harus ada di dalam gudang. Sangat penting bahwa Anda memiliki alat pemadam kebakaran yang tepat, dan sistem sprinkler yang akan diaktifkan jika terjadi kebakaran. Sistem deteksi kebakaran harus diuji secara teratur untuk memastikan bahwa mereka bekerja dengan baik. Anda juga harus memiliki tempat pertemuan jika terjadi keadaan darurat. Ini biasanya merupakan area yang terletak di luar gedung di mana semua karyawan dapat bertemu jika alarm kebakaran berbunyi. Semua karyawan harus dilatih untuk mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran.

Pakaian

Tergantung pada jenis gudang yang Anda miliki, seringkali karyawan harus mengenakan pakaian yang benar. Ini dapat mencakup hal-hal seperti topi pelindung, rompi neon, dan sarung tangan.

Pintu Keluar Darurat

Semua rute ke pintu keluar darurat harus dijaga bebas dari sumbatan atau sampah. Mereka juga harus ditandai dengan benar, dan menyala atau mudah terlihat oleh karyawan.

Konsultan Kesehatan dan Keselamatan

Konsultan kesehatan dan keselamatan adalah profesional yang dapat datang dan memeriksa properti Anda. Mereka akan dapat memberi tahu Anda area apa pun yang mungkin perlu diperbarui atau dimodifikasi agar gudang Anda menjadi tempat yang lebih aman bagi karyawan Anda. Dalam hal kesehatan dan keselamatan, Anda harus selalu mengutamakan kehidupan karyawan Anda.